Minggu, 11 Oktober 2009

Company Profile

PERUSAHAAN UMUM PEGADAIAN

PROFIL PERUSAHAAN

Nama Perusahaan : Perusahaan Umum Pegadaian

Alamat : Jl. Kramat Raya No. 162 Jakarta Pusat 10430

Telepon : ( 021) 392 5958

Faksimili : (021) 391 4221

Email : soeg@pegadaian.co.id

Website : http://www.pegadaian.co.id

MANAJEMEN

Pengawas :

- Effendi

- Suhadi Hadiwijoyo

- Siswo Suyanto

Direktur Utama : Deddy Kusdedi

Direktur Operasi dan Pengembangan : Ketut Setyon

Direktur Keuangan : Budiyanto

Direktur Umum : Sjafril Ruslim

TENTANG PERUSAHAAN

Sejarah Pegadaian dimulai pada saat Pemerintah Penjajahan Belanda (VOC) mendirikan BANK VAN LEENING yaitu lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai, lembaga ini pertama kali didirikan di Batavia pada tanggal 20 Agustus 1746.

Ketika Inggris mengambil alih kekuasaan Indonesia dari tangan Belanda (1811-1816) Bank Van Leening milik pemerintah dibubarkan, dan masyarakat diberi keleluasaan untuk mendirikan usaha pegadaian asal mendapat lisensi dari Pemerintah Daerah setempat.

Berdasarkan hasil penelitian pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan Staatsblad (Stbl) No. 131 tanggal 12 Maret 1901 yang mengatur bahwa usaha Pegadaian merupakan monopoli Pemerintah dan tanggal 1 April 1901 didirikan Pegadaian Negara pertama di Sukabumi Jawa Barat, selanjutnya setiap tanggal 1 April diperingati sebagai hari ulang tahun Pegadaian.

Pada masa awal pemerintahan Republik Indonesia kantor Jawatan Pegadaian pindah ke Karang anyar Kebumen karena situasi perang yang kian terus memanas. Agresi militer Belanda yang kedua memaksa kantor Jawatan Pegadaian dipindah lagi ke Magelang. Selanjutnya pasca perang kemerdekaan kantor Jawatan Pegadaian kembali lagi ke Jakarta dan Pegadaian kembali dikelola oleh Pemerintah Republik Indonesia. Dalam masa ini Pegadaian sudah beberapa kali berubah status, yaitu sebagai Perusahaan Negada (PN) sejak 1 Januari 1961 kemudian berdasarkan PP.No.7/1969 menjadi Perusahaan Jawatan (PERJAN) selanjutnya berdasarkan PP.No.10/1990 (yang diperbaharui dengan PP.No.103/2000) berubah lagi menjadi Perusahaan Umum (PERUM) hingga sekarang.

Visi

  • Menjadi perusahaan yang moderen, dinamis dan inovatif dengan usaha utama gadai

Misi

  • Ikut membantu program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah ke bawah melalui kegiatan utama berupa penyaluran kredit gadai dan melakukan usaha lain yang menguntungkan

PRODUK DAN LAYANAN

  • Kredit Cepat dan Aman ( KCA ) – Kredit Gadai
  • Kredit Angsuran Fidusia (KREASI )
  • Kredit Angsuran Sistem Gadai ( KREASIDA )
  • Gadai Syariah ( RAHN )
  • Kredit Tunda Juak Komoditas Pertanian _ Kredit Gabah
  • Jasa Taksiran
  • Jasa Titipan
  • Gadai Saham
  • Kredit Usaha Rumah Tangga ( KRISTA )

Komentar saya tentang perusahaan ini antara lain sebagai berikut :

Alasan mengapa saya memilih perusahaan ini diantaranya saya melihat bahwa perusahaan ini adalah perusahaan yang cukup dikenal di masyarakat dan membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah. Dengan menawarkan produk yang beragam dan pelayanan yang memuaskan, saya yakin perusahaan ini sedikit banyaknya akan atau mungkin telah membantu masyarakat untuk menghadapi berbagai permasalahan keuangan di kehidupannya. Selain itu,saya melihat bahwa perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1746 dan hingga saat ini masih berkembang bahkan menunjukkan kemajuan yang signifikan. Tidak mudah pastinya untuk mengelola sebuah perusahaan di tengah berbagai krisis di Indonesia. Dengan berganti dari perusahaan Negara, perusahaan jawatan hingga menjadi perusahaan umum sekarang merupakan suatu langkah maju dalam mengembangkan perusahaan ini ke arah yang lebih baik.

Menurut saya, kelebihan dari perusahaan ini adalah konsistensinya di dalam persaingan lembaga-lembaga keuangan di Indonesia. Mempertahankan suatu perusahaan dan mengembangkannya hingga saat ini saya rasa sebuah pencapaian yang baik. Dan visi dan misi dari perusahaan pun walaupun sederhana tapi saya nilai itulah yang tengah dijalankan oleh perusahaan ini dan saya melihat bahwa ada fakta tersebut di masyarakat. Banyak masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah yang ikut merasakan dampak positif dari keberadaan perusahaan ini. Adanya ragam produk dan pelayanan yang baik menurut saya menjadi nilai plus untuk perusahaan ini.

Kemudian kekurangan yang saya rasakan mungkin perusahaan ini harus menjangkau daerah-daerah masyarakat yang lebih membutuhkan produk dan pelayanan dari perusahaan ini. Di kota besar, mungkin masyarakat akan menyepelekan perusahaan ini karena rata-rata mereka adalah masyarakat menengah ke atas yang lebih menyukai lembaga keuangan seperti bank dll. Sedangkan di kota kecil ataupun di daerah yang mudah dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah sebagai sasaran perusahaan ini, akan lebih dikenal dan dibutuhkan keberadaannya.

Saran saya antara lain adalah perusahaan ini harus mempertahankan konsistensinya sebagai salah satu lembaga keuangan di Indonesia, tidak peduli dalam keadaan konflik ataupun masa krisis. Dan perusahaan ini juga harus mengembangkan cabang-cabang baru di tempat-tempat strategis agar dapat menjangkau masyarakat menengah ke bawah sebagai sasarannya. Perusahaan ini juga harus terus menembangkan inovasi baru berupa ide-ide kreatif melalui beragam produk baru dan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar